Selasa, 27 Juli 2021

ISU TINGGINYA KASUS COVID 19

 

ISU : TINGGINYA KASUS COVID-19

MASIH RELEVANKAH LAYANAN TELEMEDICINE DI RS RUJUKAN TERSIER ?

Narasumber : dr.  Afrimelda Syafarudin (RSMH Palembang)

 

Dirut RSMH Palembang  telah membuka layanan telemedicine tanggal 20 Mei 2020 sebagai solusi konsultasi dokter di masa pandemic COVID-19 yang dilayani diantaranya dokter gigi, dokter spesialis, dokter gigi spesialis, dan dokter subspesialis. Untuk mendapatkan layanan Telemedicine, masyarakat bisa mendaftar di alamat www.rsmh.co.id/konsultasionline. Pendaftaran online saat ini hanya berlaku bagi pasien yang telah memiliki nomor rekam medis RSMH(pasien lama).

 

Untuk mencegah peningkatan kasus COVID-19 salah satunya menggunakan layanan telemedicine agar terjadi peningkatan minat pasien mengunakan layanan telemedicine pada Rumah Sakit rujukan baik sekunder maupun tersier di perlukan strategi dan langkah taktis. Strateginya melibatkan stakeholder kunci utama melalui persuasive, promosi, edukasi dan advokasi. Langkah –langkah tersebut dapat ditujukan pada masing-masing stakeholder yang akan menjadi faktor kunci terhadap penggunaan layanan telemedicine yaitu Direktur Rumah Sakit, instalasi promosi kesehatan, Organisasi Profesi (IDI, PDGI), pimpinan redaksi media cetak dan elektronik serta tokoh masyarakat.

 

Beberapa strategi dan langkah-langkah yang dilaksanakan terkait dengan peningkatan minat pasien terhadap layanan telemedicine Rumah Sakit rujukan tersier adalah sebagai berikut:

 

1.    Advokasike pada Direktur Rumah Sakit untuk menerbitkan surat edaran dari direktur rumah sakit kepada seluruh kepala instalasi layanan gawat darurat, rawat jalan, dan rawat inap untuk sosialisasi kepada pasien kontrol ulang dengan kasus ringan atau sedang dalam proses penyembuhan bisa lewat melalui layanan telemedicine setelah berobat di instalasi gawat darurat (IGD), rawat jalan dan rawat inap.

2.    Koordinasi dan persuasi kepada organisasi profesi melalui surat untuk menghimbau para dokter spesialis dan sub-spesialis serta dokter gigi agar pasien dengan kasus ringan atau dalam proses penyembuhan tidak harus dating kerumah sakit untuk control, bisa melalui telemedicine yang ada di Rumah Sakit dimana dia berobat.

3.    Menjalin Kerjasama dan Koordinasi dengan media cetak maupun elektronik yang berisi kerja sama kegiatan talkshow dan rubik kesehatan tentang manfaat layanan telemedicine di Rumah Sakit rujukan tersier.

4.    Melakukan koordinasi dengan kepala instalasi promosi kesehatan Rumah Sakit untuk kesiapan sosialisasi edukasi kemasyarakat yang sedang berobat di taman edukasi Rumah Sakit tentang pentingnya kontrol ulang bisa melalui layanan telemedicine dan tidak perlu dating kerumah sakit. Selain itu menyiapkan sarana untuk melakukan promosi telemedicine dan koordinasi dengan bidang  IT.

 

( Doc. Hukormas 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERAN VIDEOTRON DI RUMAH SAKIT Narasumber : Akhmad Suhaimi, S.Sos, M.Si (Hukormas RSMH)

  PERAN VIDEOTRON DI RUMAH SAKIT Narasumber : Akhmad Suhaimi, S.Sos, M.Si (Hukormas RSMH)   Rumah sakit    merupakan fasilitas umum yang keb...