FAKTA UNIK TENTANG KOMPLIN PELANGGAN
Narasumber
: Akhmad Suhaimi, S. Sos, M.Si ( RSMH Palembang)
Paradigma pengaduan pelanggan saat ini telah bergeser menjadi sebuah kebutuhan bagi instansi pemerintah untuk dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Pengelolaan Pengaduan Pelanggan juga bertujuan sebagai informasi kebijakan proses pelaksanaan perbaikan pelayanan public
Komplain merupakan
ekspresi atau ungkapan ketidakpuasan pelanggan terhadap produk kurang baik atau
dibawah standar sehingga pelanggan akan kecewa atau karena pelayanan buruk.
Kualitas layanan pelanggan harus sama baiknya dengan kualitas produk. Akan
sia-sia jika Anda sudah menjual produk yang baik, tapi ternyata mempunyai
kualitas pelayanan yang tidak baik.
Fakta Unik tentang Komplain Pelanggan
Sebenarnya
ada banyak pelajaran berharga dari komplin pelanggan walaupun sebenarnya komplin bukanlah hal yang
menyenangkan beberapa hal yang menarik
dari komplin pelanggan adalah
- Tidak semua
pelanggan yang kecewa akan menyampaikan complain. Faktanya,
kekecewaan pelanggan tidak selalu berujung pada laporan komplain. Ini bisa
terjadi salah satunya karena karakteristik pelanggan yang memang cuek,
sungkan, malas, atau takut.Berhati- hatilah dengan jenis pelanggan seperti
ini karena bisa membahayakan bisnis Anda. Anda berpikir bahwa semua baik-
baik saja atau bahkan nyaris sempurna.Padahal di ujung sana ada kelompok
orang yang tidak puas dengan produk dan jasa Anda, lalu menceritakannya
kepada teman dan bisa menciptakan citra negative institusi
- Pelanggan yang tidak puas, tapi tidak komplain, akan jauh lebih berbahaya. Selain mereka bisa menciptakan persepsi negatif secara ‘tidak terlihat’, mereka diam- diam juga beralih ke kompetitor Anda. Coba Anda membuka data pelanggan Anda, dan bandingkan berapa banyak pelanggan yang membeli satu kali dan berapa banyak yang menjadi pelanggan loyal Anda.
- Mereka yang
menyampaikan keluhan dan tidak dilayani dengan baik, cenderung berkoar-
koar.
Anda masih bisa tenang jika pelanggan ini
hanya ‘koar- koar’ hanya pada satu atau dua teman. Tapi Anda tidak pernah
benar- benar bisa menebaknya.. Terlebih di era media sosial seperti sekarang
ini. Keluhan sekecil apapun bisa muncul di media sosial. hal ini akan membuat citra negatif institusi
- Pelanggan yang
menyampaikan komplain dan berakhir puas, akan menjadi pelanggan setia Anda.
Jika Anda berhasil menyelesaikan
komplain pelanggan dengan baik, pelanggan akan merasa terbantu dan
diperhatikan. pelanggan menilai bahwa kita mempunyai rasa tanggungjawab dan empati yang baik
kepada mereka.. Kepercayaan ini lah akan mendorong mereka untuk menjadi
pelanggan setia Anda.
Komplain
pelanggan memang bukan hal yang menyenangkan, tapi kita harus menanganinya
dengan serius, cepat, dan tepat. Dengan penanganan yang cerdas, komplain ini
bisa berubah dari masalah, menjadi aset yang kita maksimalkan dalam evaluasi
produk dan layanan.
Referensi:
- Bappenas.
2010. Manajemen Pengaduan Masyarakat Dalam Pelayanan Publik. Bappenas.
Jakarta
- Cara Menangani komplain pelanggan dengat cepat dan tepat http.pangila.com
( Doc Hukormas RSMH)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar