Peran Customer Service
Rumah Sakit
Narasumber
: Akhmad Suhaimi, S.Sos, M.Si ( RSMH Palembang )
Saat
ini banyak masyarakat mengeluh tentang ketidak puasan terkait dengan pelayanan jasa rumah sakit. Jika kita membahas
tentang kepuasan pelanggan di rumah sakit memang sangat erat kaitanya dengan
kinerja pelayanan rumah sakit tersebut.
Selain
memberikan pelayanan yang maksimal, meningkatkan kualitas dokter dan perawat,
meningkatkan kualitas teknologi rumah sakit, meningkatkan perhatian dan
pelayanan pada tugas lainnya seperti customer service rumah sakit juga
merupakan hal penting untuk menunjang peningkatan kepuasan pelanggan
Apakah tugas
customer service rumah sakit memang sangat berperan dalam meningkatkan kepuasan
pelanggan rumah sakit ?, dan apakah kepuasan pelanggan Sangat tergantung dari Cara Pelayanan Customer
Service ?
Setiap
rumah sakit pasti memiliki customer service dengan cara pelayanan yang
berbeda-beda, dari sinilah masyarakat dapat menilai tingkat pelayanannya dan
tentunya customer service yang ramah akan lebih diutamakan oleh pelanggan
Mungkin sebagian orang berangapan bahwa
tugas customer service rumah sakit sangat ringan dan mudah,
mereka hanya berhadapan dengan pelanggan
dan memberikan informasi serta arahan kepada pelanggan. Faktanya tak semudah
itu menjalankan peran sebagai cuctomer service rumah sakit, karena customer
service dirumah sakit memiliki tugas-tugas yang g cukup berat
Customer service rumah sakit yang merupakan tempat pertama
yang berhadapan langsung dengan pelanggan dan pihak yang berperan dalam
memberikan petunjuk kepada pasien tentang bagaimana langkah yang harus ditempuh
oleh pelanggan
Selain itu Customer service juga memiliki tugas untuk menangani segala
kemauan dan harapan yang diminta oleh pelanggan yang datang sebelum mendapatkan
pelayanan medis dari dokter. Selain itu, customer service juga memiliki
tanggung jawab untuk mengecek segala ketersediaan kamar dan keberadaan dokter
yang sedang dibutuhkan oleh pasien
Seorang Customer Service harus Komunikatif, artinya dapat berkomunikasi
dengan baik kepada setiap pasien yang datang,
Terampil dalam memberikan pelayanan
Ramah dan tidak mudah emosi pada saat memberikan pelayanan kepada pasien
dan pelanggan karena nantinya akan
bertemu dengan pelanggan dengan karakter
berbeda-beda. Tak jarang banyak pasien yang melakukan protes atau komplain
karena pelayanan yang diterima tidak sesuai dengan yang diharapkan. Memberikan
edukasi dengan status pengetahuan,
pendidikan dan kebudayaan pasien yang sangat beragam, beberapa pelanggan aatau
pesien yang sedang dalam keadaan panik
dan lain sebagainya
Bisa dibanyangkan bagaimana
rumitnya tugas customer
service rumah sakit. Tetapi semua itu dapat dilewati jika kita memang
telah mendapatkan pendidikan,pelatihan
dan pemahaman bagaimana kita harus menjalankan profesi kita tersebut
Demikian informasi tentang Peran Customer Service di Rumah Sakit. Semoga
informasi yang saya bahas pada artikel ini dapat memberikan manfaat bagi para
pembaca. Terima kasih banyak atas kunjungannya. Sukses untuk kita semua
Referensi
Panelhar.xyz/2019/05/Tugas-dan-Tanggung-Jawab-Customer-Service-di-Rumah-Sakit.html
(Doc Hukormas RSMH)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar