Kamis, 29 April 2021

Peran Customer Service Rumah Sakit

 

Peran Customer Service


Rumah Sakit

Narasumber : Akhmad Suhaimi, S.Sos, M.Si ( RSMH Palembang )

 

Saat ini banyak masyarakat mengeluh tentang ketidak puasan terkait dengan  pelayanan jasa rumah sakit. Jika kita membahas tentang kepuasan pelanggan di rumah sakit memang sangat erat kaitanya dengan kinerja pelayanan rumah sakit tersebut.

 

Selain memberikan pelayanan yang maksimal, meningkatkan kualitas dokter dan perawat, meningkatkan kualitas teknologi rumah sakit, meningkatkan perhatian dan pelayanan pada tugas lainnya seperti  customer service rumah sakit juga merupakan hal penting untuk menunjang peningkatan kepuasan pelanggan

 

Apakah tugas customer service rumah sakit memang sangat berperan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan rumah sakit ?,  dan apakah  kepuasan pelanggan Sangat  tergantung dari Cara Pelayanan Customer Service ?

 

Setiap rumah sakit pasti memiliki customer service dengan cara pelayanan yang berbeda-beda, dari sinilah masyarakat dapat menilai tingkat pelayanannya dan tentunya customer service yang ramah akan lebih diutamakan oleh pelanggan

 

Mungkin sebagian orang berangapan bahwa  tugas customer service rumah sakit sangat ringan dan mudah, mereka  hanya berhadapan dengan pelanggan dan memberikan informasi serta arahan kepada pelanggan. Faktanya tak semudah itu menjalankan peran sebagai cuctomer service rumah sakit, karena customer service dirumah sakit memiliki tugas-tugas yang g cukup berat

 

Customer service rumah sakit  yang merupakan tempat pertama yang berhadapan langsung dengan pelanggan dan pihak yang berperan dalam memberikan petunjuk kepada pasien tentang bagaimana langkah yang harus ditempuh oleh pelanggan

 

Selain itu Customer service juga memiliki tugas untuk menangani segala kemauan dan harapan yang diminta oleh pelanggan yang datang sebelum mendapatkan pelayanan medis dari dokter. Selain itu, customer service juga memiliki tanggung jawab untuk mengecek segala ketersediaan kamar dan keberadaan dokter yang sedang dibutuhkan oleh pasien

 

Seorang Customer Service harus Komunikatif, artinya dapat berkomunikasi dengan baik kepada setiap pasien yang datang,  Terampil dalam memberikan pelayanan  Ramah dan tidak mudah emosi pada saat memberikan pelayanan kepada pasien dan pelanggan  karena nantinya akan bertemu dengan pelanggan dengan  karakter berbeda-beda. Tak jarang banyak pasien yang melakukan protes atau komplain karena pelayanan yang diterima tidak sesuai dengan yang diharapkan. Memberikan edukasi  dengan status pengetahuan, pendidikan dan kebudayaan pasien yang sangat beragam, beberapa pelanggan aatau pesien yang  sedang dalam keadaan panik dan lain sebagainya

 

Bisa dibanyangkan  bagaimana rumitnya tugas customer service rumah sakit. Tetapi semua itu dapat dilewati jika kita memang telah mendapatkan pendidikan,pelatihan  dan pemahaman bagaimana kita harus menjalankan profesi kita tersebut

 

Demikian informasi tentang Peran Customer Service di Rumah Sakit. Semoga informasi yang saya bahas pada artikel ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca. Terima kasih banyak atas kunjungannya. Sukses untuk kita semua

 

Referensi

Panelhar.xyz/2019/05/Tugas-dan-Tanggung-Jawab-Customer-Service-di-Rumah-Sakit.html

 

 

(Doc Hukormas RSMH)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERAN VIDEOTRON DI RUMAH SAKIT Narasumber : Akhmad Suhaimi, S.Sos, M.Si (Hukormas RSMH)

  PERAN VIDEOTRON DI RUMAH SAKIT Narasumber : Akhmad Suhaimi, S.Sos, M.Si (Hukormas RSMH)   Rumah sakit    merupakan fasilitas umum yang keb...